Monday, June 17, 2013

Perubahan Lingkungan dan Pengaruhnya terhadap Lingkungan




Perubahan Lingkungan dan Pengaruhnya terhadap Lingkungan

 A.    Faktor Penyebab Rerubahan Lingkungan Fisik


1.    Faktor Hujan : Apabila hujan turun dengan lebat dapat menimbulkan banjir yang sangat merugikan bagi makhluk hidup. Rumah – rumahterendam, sawah yang tidak bisa dipanen karena terendam banjir, jalanan yang macet dan lain lain. Selain itu banjira dapat merusak lapisan tanah, tanah yang gundul tidak mampu menahan aliran air, sehingga terjadilah erosi atau pengikisan tanah, tanah yang terkikis hterbawa oleh airan air dan diendapkan pada suatu tempat, peristiwa itu dinamakan sedimentasi. Daerah pinggir sungai yang tidak ditumbuhi tanaman lebih lebih mudah terkikis walaupun ditanami tumbuhan juga hanya pengikisannya terjadi lebih sedikit.

 

 2.    Faktor Angin : Angin yang berhembus sangat kencang biasanya disertai cuaca buruk, angin yang kencang dapat merugikan manusia, misalnya angin topan dapat menghancurkan benda – benda yang dilaluinya. Daratan yang terkena angin topan banyak mengalami kerusakan seperti pohon – pohon yang tumbang dan bangunan – bangunan yang runtuh.

3. Faktor Cahaya Matahari : Ketika musim kemarau panjang cahaya matahari dapat menyebabkan keretakan pada tanah dan batuan, cahaya mataharipun dapat membawa kebakaran pada pepohonan atau rumput yang kering.

 4.    Faktor Gelombang Laut : Gelokmbang laut terkadang berupa gelombang yang teramat besar,gelombang besar dapatmengubah penampakan daratan. Pengikisan pantai oleh ombak dan gelombang laut disebut abrasi.

B. Pencegahan Banjir dan Erosi

1. Pencegahan Banjir dan Erosi : Dengan menanamkan kembali hutan – huataun yang gundul yang disebut dengan reboisasi, kerusakan hutan juga dapat dicegah dengan tidak melakukan penebangan hutan secara semena – mena, dengan membuat tanah sengkedan atau terasering pada lahan perkebunan dan pertanian yang miring.

2. Pencegahan terjadinya Abrasi : Dengan menanam hutan bakau di daerah pinggiran pantai karena pohon bakau memiiki akar yang kuat yang dapat memecah ombak dan gelombang aut yang dtang kepantai. Dpat juga dengan membuat pemecah omba berupa tembok beton yang sengaja dibuat di sepanjang pantai.

 


Sumber : http://marlianaoni.wordpress.com/materi-kita-2/perubahan-lingkungan-dan-pengaruhnya-terhadap-lingkungan/

No comments:

Post a Comment